Random

Ada Apa Dengan “ADA APA DENGAN CINTA 2”

903e3daa87b5637f1ad92b14c3be6730-007801800_1427710877-aadc_2

Sudah 14 tahun sejak saya mengenal Rangga dan Cinta di film mereka yang pertama, dan hari ini saya kembali bertemu mereka kembali di layar lebar. Walaupun bukan genre favorit saya (romansa) tetap saja sejak awal kemunculannya film dengan judul Ada Apa Dengan Cinta selalu berhasil mencuri perhatian saya. Saya tekankan lagi, ‘PERHATIAN SAYA’, karena apa yang sangat saya sukai dari franchise film ini justru terdapat pada detail minornya.

Rangga, dulunya terkesan sebagai anak SMA melankolis dengan jiwa pemberontak dan aktivis yang agak pasif (lebih banyak dipikir daripada beraksi), kini kembali lagi dengan kematangan karakternya. Sisi galau melankolisnya semakin menjadi, begitu pula dengan jiwa pemberontaknya. Kini dia bekerja sebagai pengisi kolom, dan dari detail-detail yang saya tangkap (minor detail tapi bukan yang sampai super detail) setidaknya di film ini dia sedang menulis tentang George Orwell. Buku-buku yang ada di kamarnya pun tidak ada buku yang ringan, rata-rata buku yg dimilikinya adalah buku-buku yang berbicara tentang ketimpangan sosial maupun sosialisme. Fiksi maupun non-fiksi. Sepanjang cerita pun, Mas Rangga ini banyak me-mention karya-karya sastra sampai membuat saya menjadi semakin pasang telinga.

Udah sih tentang Rangga dan sastranya doang. Tentang jalan cerita dan peran-peran lainnya memang termasuk sangat bagus apalagi dibandingkan film-film Indonesia belakangan ini, namun perhatian saya sudah terlanjur terpancang ke yang lainnya. Buat saya film AADC-2 adalah film sastra, dan film ataupun buku yang banyak memberi referensi karya-karya besar belum pernah ada yang mengecewakan saya.

One thought on “Ada Apa Dengan “ADA APA DENGAN CINTA 2”

Leave a Reply

